Kamis, 05 Juli 2012

TIPS CARI KOS-KOSAN



Copas— ibnu fauzy

info kos
Memasuki tahun ajaran baru, sekitar bulan Juli- Agustus, banyak para pelajar dan mahasiswa baru yang akan memulai pendidikan di sekolah atau kampus baru. Bagi pelajar atau mahasiswa baru atau karyawan yang jauh dari lokasi pendidikannya tentunya akan mencari tempat tinggal sementara atau kos, mungkin juga mengontrak rumah. tak jarang banyak dari pelajar atau mahasiswa kebingungan dalam mencari kos-kosan karena mereka baru mnginjakkan kaki di tempat tsb, maka tak heran banyak yang mengeluh karena mendapatkan kos-kosan yang tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.
Berikut beberapa tips dalam memilih kos-kosan atau ruah kontrakkan.
1. BAGAIMANA KAMU MENDAPAT INFO KOS / KONTRAKKAN ?
Banyak cara untuk mendapatkan info kost, jika kamu memasuki area kampus, kamu akan mendapati sederet orang duduk dengan meja dan kursi dipinggir jalan dan dimeja mereka terpampang tulisan “PUSAT INFO KOST”. aneh memang, semua mengaku pusat info kos,  la mana cabangnya ? hati-hati, mereka adalah calo. jika menggunakan jasa mereka , tentunya tarif kos akan lebih mahal, karena pemilik kos akan menaikkan harga kos untuk memberi upah calo. maka cara tsb tidak saya sarankan. Menjadi agen /calo kos tsb, lumayan juga loh keuntungannya. Mereka bisa mendapatkan uang Rp. 50.000 s/d 200.000 per hari. tergantung laris tidak infonya.
informasi yang terbaik yang bisa anda dapatkan adalah dengan mendapatkan informasi dari saudara/teman/teman saudara dll yang anda kenal dan prcaya yang tahu tentang daerah tsb, atau kakak kelas yang juga ngekos disitu. tentunya dengan meminta bantuan temen atau saudara akan lebih efektif dan tentunya ga bayar calo… Namun jika tidak punya kenalan atau saudara maka jasa calo tsb bisa dimanfaatkan, namun harus benar-benar jeli dan negosiasi lagsung dengan pemilik kos.
2. LOKASI KOS.
a. deket tempat kuliah/sekolah/kerja
b. Jauh dari tempat kuliah/sekolah/kerja
pertama. Dekat dengan tempat kuliah/sekolah/kerja.
keuntungan :
1. menghemat biaya transportasi (bagi yg tidak bawa kendaraan sendiri)
2. menghemat waktu (terutama bagi yang sering bolak-balik e kampus/sekolah)
3. jarang terlambat. ini juga penting terutama bagi karyawan/pekarja yang menuntut disiplin waktu yang tinggi.
4. Biasanya lokasi yg dekat kampus, ramai, mau cari apa aja (makan, fotocopy, toko dll) banyak.
kelemahan :
1. biasanya harganya lebih mahal.
2. ramai, bising, banyak yang lalu-lalang
saran :
bagi yang tidak membawa alat transportasi sendiri dan banyak bolak-balik ke kampus atau tempat kerja, maka pilihlah yang lokasinya deket.
bagi yang membawa alat transportasi sendiri, dan ingin lebih menghemat maka pilihlah yang agak jauh tapi murah dan nyaman.
so, semua terserah anda.
3. CEK FISIK DAN FASILITAS KOS/KONTRAKKAN
sebelum anda membayar kos/kontrakkan, maka pastikan anda benar-benar mengecek fisik dan fasilitas kos/kontrakkan. Hal yang kudu ada yaitu : kamar mandi + toilet, tempat menjemur pakaian, kamar tidur yang nyaman. cek kamar mandi dan toilet, apakah bersih dan sehat, apakah saluran pembuangan lancar ?. jika anda membawa kendaraan, pastikan ada tempat menaruh kendaraan anda dengan aman. lebih baik memilih kos/kontrakkan yang menyediakan dipan+kasur, dan almari pakaian sehingga kamu ga usah repot-rept membeli nya. untuk kenyamanan pilihlah kos/kontrakkan yang ada ruang tamu, sehingga kamu bisa menerima tamu di ruang khusus, tidak di kamar. Untuk keamanan sebaiknya cari kos/ kontarkkan yang ad pintu gerbangnya.telepon rumah tidak harus ada karena sekarang sudah punya HP semua.Bagi yang pingin privasi bisa memilih kamar yang ada kamar mandinya, namun biasanya harganya lebih mahal.
Memilih kos/kontrakkan tidak perlu yang bagus, yang penting bersih, sehat dan aman.
4. PILIH YANG ADA INDUNG SEMANG (BAPAK/IBU KOS) ATAU YANG FREE ?
Bagi wanita, saya sarankan untuk memilih kos/kontrakkan yang ada Ibu kosnya yang ikut tinggal disitu. karena bagaimanpun juga keberadaan indung semang (ibu kos) bisa dijadikan stabilisator, baik untuk mengontrol aktivitas penghuni kos ataupun untuk ajang curhat jika punya masalah. Saran saya, baik-baiklah dengan ibu/bapak kos. jadikan ia seperti orang tua pengganti bagi kamu. sehingga jika ada apa-apa kamu tidak rikuh untuk meminta bantuan.
namun bagi kamu yang ingin mengadakan perkumpulan sendiri, misal ingin membuat sekretariat organisasi di kos/kontrakka, maka lebih baik memilih kontrakkan atau kos yang tidak ada indung semangnya, karena aktivitas organisasi bisa lebih leluasa.
5. PILIH KOS/KONTARKKAN CAMPUR ATAU TERPISAH.
banyak kemudhorotan jika kos/kontrakkan dicampur antara pria dengan wanita. banyak kasus pergaulan bebas yang terjadi di model kos/ kontarkkan sperti itu. ini adalah fakta dan anada harus hati-hati..!!
6. PILIH KOS ATAU KONTRAKKAN ?
jika anda akan membentuk suatu perkumpulan, dan tidak ingin aktivitas anda terganggu oleh pemilik kos, atau setidaknya merasa rikuh jika sepanjang hari banyak kegiatan di kos/kontarkkan anda, maka saya sarankan anda memilih kontrakkan, atau kos yang tidak ada indung semangnya. Biasanya pelajar/mahasiswa yang ngirit/pas-pasan maka mengontrak rumah bisa jadi alternatif. Rumah satu dikontrak, kemudian dihuni oleh beberapa orang, sehingga biaya yang dipikul lebih ringan.
Semoga tips ini bermanfaat…

0 komentar:

Posting Komentar